Penangan Klien Menggunakan CBT-BA

Banjarmasin – Semakin banyaknya permasalahan-permasalahan psikologis yang terjadi di Kalimantan Selatan terutama kekerasan, depresi, adiksi (game, rokok, alkohol, judi), menikah muda, dan permasalahan psikologi lainnya membuat Ikatan Psikologi Klinis (IPK) Kalselteng bekerjasama dengan Program Studi Psikologi FK ULM dan Lembaga Unggulan Konsultasi dan Pelayanan Psikologi (LUKPP) menyelenggarakan kegiatan Workshop Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dan Behavioral Activation (BA) untuk psikolog di Kalimantan Selatan.

“Workshop CBT & BA ini merupakan salah satu program kerja dari IPK Kalsel agar meningkatkan keterampilan psikolog di Banjarmasin dan sekitarnya sehingga dalam menangani klien bisa lebih efektif dan sesuai dengan kaidah behavioral” ujar Sukma Noor Akbar selaku Ketua Ikatan Psikologi Klinis Kalselteng.

Sebanyak 22 orang psikolog mengikuti kegiatan tersebut pada hari Sabtu, (29/4) bertempat di POP Hotel Banjarmasin dari jam 08.30 – 22.00 tampak serius menyimak penjelasan dan berlatih dengan Dra. A. Kasandra, Psikolog yang merupakan pakar di bidang CBT-BA dan merupakan pengurus Ikatan Psikologi Klinis (IPK) Pusat. “CBT-BA sendiri salah satu alternatif bentuk psikoterapi untuk fokus untuk perubah disfungsi emosi, kognitif dan perilaku yang sudah terbukti efektivitas dalam menangani klien, ada sesuatu yang baru juga saya kenalkan yaitu Behavioral Activation dengan membantu klien untuk melakukan kegiatan positif dan berarti sesuai dengan prinsip, tujuan hidup, kepercayaan dan budaya masaing-masing” ujar Kasandra.

Rika Vira Zwagery salah satu perserta mengatakan bahwa worshop ini sangat membantunya dalam menangani klien baik untuk mahasiswa dalam peningkatan akademik, maupun permasalahan psikologis lainnya yang sering dikeluhkan kliennya ketika berkonsultasi dengan dirinya.

DSCF6095 IMG_5786 IMG_5794 IMG_5806 IMG_5872 IMG_5879 IMG_5898 IMG_5909

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *